Kamis, 01 September 2016

Masjid AR. Fahruddin


MASJID AR. FAHRUDDIN




Masjid AR. Fachruddin dibangun pada tahun 1995 dan diresmikan oleh Presiden BJ. Habibie (Presiden RI ke 3) pada tahun 1998. Masjid ini terdiri dari 5 lantai yang dimanfaatkan selain untuk tempat peribadatan juga untuk perkuliahan dan perkantoran. Lokasi masjid adalah di tepi jalan raya tlogomas, akses jalan ke arah kota batu. Bangunan masjid dibuat dengan asitektur modern yang sangat eksotik. Oleh karena letaknya yang strategis, maka masjid AR. Fachruddin sering digunakan sebagai salah satu tujuan wisata. Saya akan menjelaskan sedikit tentang kegunaan masjid ini.

  1. Lantai 5 digunakan untuk ruang kuliah D2-Bahasa Arab,”Ma’had Abd. Rahman bin Auf” dan laboratorium Psikologi
  2. Lantai 3 dan 4 digunakan untuk kegiatan sholat dengan kapasitas 5000 jamaah juga terdapat ruang Badan Persemakmuran Masjid (BPM) dan ruang kelas untuk perkuliahan AIK
  3. Lantai 2 digunakan untuk Pusat Studi Islam dan Filsafat (PSIF),Perpustakaan,Dosen AIK dan pelayanan AIK & MKDU,aula,Lab. Bahasa arab,lab psikologi,Unit Kegiatan Mahasiswa jamaah AR Fahruddin,Ruang kelas AIK dan tempat wudhu jamaah
  4. Lantai 1 digunakan untuk UPT kesehatan/poliklinik ,Unit koperasi karyawan, Bank BNI, Bank jatim, UPT bimbingan dan konseling,lab.sosiologi,lab. Ilmu pemerintahan /PSIK,lab. Hubungan internasional, badan konsultasi dan bantuan hukum,aula,ruang kuliah AIK multimedia,kantin,ruang pelayanan publik,dan stasiun radio mahasiswa.

Masjid ini juga digunakan sebagai pusat dakwah Muhammadiyah dan pusat kegiatan keislaman bagi seluruh aktivitas akademika maupun masyarakat umum.





Sumber : buku panduan akademik Universitas Muhammadiyah Malang



Tidak ada komentar:

Posting Komentar